Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman

Riardhiana, Natasya Rizka (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (116kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (131kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (111kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Tahapan Newman. Banyak upaya yang dilakukan pemerintah dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia di Indonesia, terutama meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam dunia pendidikan, siswa ditempatkan pada subjek didik yang mempunyai tuntutan untuk bebas mengekpresikan apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis – jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Aljabar berdasarkan tahapan Newman dan faktor internal yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ada 3 orang siswa yang terpilih dari kelas VII-E1 SMPN 4 Bondowoso. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 5 tahapan Newman melalui lembar tes tertulis dan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Aljabar berdasarkan Newman, yaitu (1) Kesalahan keterampilan proses, (2) Kesalahan menuliskan jawaban akhir. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita Aljabar dibatasi oleh faktor internal, yaitu (1) Kurangnya kemampuan siswa dalam berlatih mengerjakan soal cerita dan kurangnya pengetahuan siswa terhadap operasi hitung Aljabar yang benar, (2) Siswa kurang teliti terhadap hasil penyelesaian yang didapatkan. (3) Siswa tidak terbiasa dengan menuliskan kalimat kesimpulan pada akhir jawaban dikarenakan tidak mengetahui kalimat kesimpulan apa yang akan digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:02
Last Modified: 13 Apr 2023 04:02
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3959

Actions (login required)

View Item
View Item