Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Katolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variable

Salsabila, Eka Yulinda (2022) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Katolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variable. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (936kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Siswa seringkali mengeluh dan merasa kesulitan dalam memahami soal-soal matematika terutama pada soal cerita sehingga siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Salah satu materi yang banyak membuat soal cerita adalah materi sistem persamaan linier dua variable. Karena itulah diperlukan suatu penelitian untuk melihat kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linier dua variable kelas VIII SMP PGRI I buduran tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa yang diambil berdasarkan kesalahan terbanyak. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan didapat bahwa siswa melakukan tiga kesalahan yaitu kesalahan konseptual, prosedural dan teknik. Kesalahan konseptual yang dilakukan yaitu siswa melakukan kesalahan dalam menetukan rumus, membuat persamaan linier dua variable dari pernyataan dan mensubstitusikan variable. Sedangkan kesalahan prosedural yakni tidak menuliskan langkah penyelesaian SPLDV yang tepat, tidak menyelesaikan sampai tahap akhir dan tidak menuliskan simpulan. Sedangkan dalam kesalahan teknik, siswa melakukan kesalahan dimana siswa kurang teliti dalam melakukan operasi hitng.
Kata Kunci : Analisa Kesalahan , Tahapan Katolan, Soal Cerita, SPLDV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:36
Last Modified: 13 Apr 2023 04:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item
View Item