Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk Silindris Siswa Kelas VII Di SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo

Khotima, Khusnul (2020) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk Silindris Siswa Kelas VII Di SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (430kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (265kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (170kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa dalam menggambar bentuk.Metode demonstrasi diberikan kepada siswa dengan memberikan penjelasan materi dan latihan-latihan praktek untuk siswa sehingga menjadikan siswa terampil dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini membutuhkan waktu 2 minggu dengan 2 kali pertemuan.Pada teknik analisis data peneliti menggunakan Uji Hipotesis data dan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang di pilih secara acak dengan sampel 30 siswa dari 2 kelas. Desain penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif ( studi kasus, survey ). Berdasarkan perhitungan, hasilnya menunjukkan bahwa data perhitungan rxy adalah 0,32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar menggambar bentuk.Oleh karena itu dengan diterapkannya model pembelajaran dengan metode demonstrasi.Dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih tinggi, agar siswa lebih aktif untuk belajar.
Kata kunci :Metode Demonstrasi, hasil belajar, Menggambar Bentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 28 Apr 2023 04:46
Last Modified: 28 Apr 2023 04:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item
View Item