PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI LATIHAN ASERTIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP AGRESIFITAS VERBAL SISWA KELAS VIII DI SMP PGRI 1 SURABAYA

Rahma, Synthia Dwi (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI LATIHAN ASERTIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP AGRESIFITAS VERBAL SISWA KELAS VIII DI SMP PGRI 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. A5 COVER - PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
1. A5 COVER - PERNYATAAN KEASLIAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (347kB)
[thumbnail of 2. A5 ABSTRAK-DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
2. A5 ABSTRAK-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (191kB)
[thumbnail of 3. A5 BAB I.pdf] Text
3. A5 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (275kB)
[thumbnail of 8. A5 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. A5 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (34kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rahma, Synthia Dwi. Pengaruh Penggunaan Strategi Latihan Asertif dalam
Konseling Kelompok Terhadap Agresifitas Verbal Siswa Kelas
VIII di SMP PGRI 1 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana.
Surabaya. Pembimbing: Dra. Kusbandiami., S.Psi., M.Pd.
Kata kunci : Strategi Latihan Asertif, Konseling Kelompok,
Agresifitas Verbal.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengatasi agresifitas verbal
siswa di kalangan sekolah menengah pertama. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan strategi
latihan asertif dalam konseling kelompok terhadap agresifitas verbal siswa
kelas VIII di SMP PGRI 1 Surabaya.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII G. sampel dilakukan
dengan menggunakan purposive sampling untuk mengambil 5 siswa yang
terindikasi memiliki perilaku agresifitas verbal dengan kategori tinggi.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian one grou
pre test – post test design. variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi
latihan asertif dalam konseling kelompok dan variabel terikat yaitu
agresifitas verbal siswa. Instrument menggunakan angket yang telah di uji
coba menggunakan SPSS for windows versi 23.0 dengan tingkat kevalidan
sebesar 0.320 dapat dinyatakan valid. Populasi berjumlah 36 siswa telah
didapat 5 siswa yang akan dijadiakn sampel untuk diberikan treatment.
Dalam uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan strategi
latihan asertif dalam konseling kelompok terhadap agresifitas verbal siswa
yang telah di ujikan melalui uji Wilcoxon. Dari hasil uji Wilcoxon dapat
diketahui , Z (-2.023) dengan Asymp. Sig (2-tailed) = 0.05 < α = 0.043
(taraf signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0
ditolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test dan post-test
strategi latihan asertif dalam konseling kelompok, sehingga dapat
ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan strategi
latihan asertif dalam konseling kelompok terhadap agresifitas verbal
siswa kelas VIII G di SMP PGRI 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:57
Last Modified: 23 Nov 2022 01:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item
View Item