Purnamasari, Rika (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN BERPENDAPAT SISWA KELAS VIII SMPN 2 KRIAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (474kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (119kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (302kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Purnamasari, Rika. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi
Restrukturisasi Kognitif dalam Konseling Kelompok Terhadap
Penurunan Kecemasan Berpendapat Siswa Kelas VIII SMPN 2
Krian. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan
Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Boy Soedarmadji, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Strategi Restrukturisasi Kognitif, Konseling Kelompok,
Kecemasan Berpendapat.
Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan
berpendapat siswa dan tujuan penelitian ini adalah “pengaruh
penggunaan strategi restrukturisasi kognitif dalam konseling
kelompok terhadap penurunan kecemasan berpendapat siswa
kelas VIII SMPN 2 Krian”.
Peneliti mengunakan rancangan pre-eksperimental
berupa one group pre test post test. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel dilakukan dengan
purposive sampling untuk mengambil 5 subjek penelitian dari
kelas VIII-F yang berjumlah 36 siswa. Variabel bebas dalam
penelitian ini adalah strategi restrukturisasi kognitif dalam
konseling kelompok. Instrumen yang digunakan juga telah diuji
menggunakan SPSS for Windows versi 23.0 dengan tingkat ke
valid an sebesar 0,244 dapat dinyatakan valid.
Uji hipotesis yang telah diujikan melalui uji wilcoxon
menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara strategi
restrukturisasi kognitif dalam konseling kelompok terhadap
penurunan kecemasan berpendapat siswa. Sedikitnya skor yang
diperoleh setelah diberikan treatment daripada sebelum diberikan
treatment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Asymp. Sig
=0,042 sedangkan perbandingan Asymp. Sig 0,042,< =0,05
maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya dalam penelitian ini
terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan berpendapat
siswa sebelum dan sesudah dilakukan strategi restrukturisasi
kognitif dalam konseling kelompok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:31 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:29 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/402 |