PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII-D DI SMP NEGERI 21 SURABAYA

MUNIRO, LAILATUL (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII-D DI SMP NEGERI 21 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (717kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (249kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Muniro, Lailatul. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Self Management
dalam Konseling Kelompok terhadap Perilaku Prokrastinasi
Akademik Siswa Kelas VIII-D di SMP Negeri 21 Surabaya.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dra. Kusbandiami,
S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Strategi Self Management, Perilaku
Prokrastinasi Akademik
.
Perilaku Prokrastinasi Akademik merupakan penundaan tugas
yang dilakukan oleh seseorang dengan alasan yang tidak rasional,
seperti berperilaku tidak efisien dalam mengggunakan waktu
khususnya tentang kegiatan belajar. Faktor yang menyebabkan adanya
perilaku prokrastinasi adalah masalah pengelolaan waktu, penetapan
prioritas, karakteristik tugas dan karakter individu.Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi self
management dalam konseling kelompok terhadap perilaku prokrastinasi
akademik siswa serta apakah ada penurunan mengenai perilaku tersebut
pada siswa kelas VIII-D di SMP Negeri 21 Surabaya. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif yang dikualifikasikan. Jenis penelitian ini
adalah pra-eksperimental dengan menggunakan metode One Group
Pre-test and Post-test Design. Penelitian ini mengambil populasi
sebanyak 40 siswa. Dari populasi tersebut, peneliti mengambil
sampel sebanyak 5 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Pemilihan sampel berdasarkan
dari pengisian skala pengukuran untuk mencari skor kategori tinggi
sehingga dapat diturunkan menjadi kategori sedang.
Berdasarkan hasil perhitungan melalui uji wilcoxon for
windows versi 22.0. diperoleh nilai Asymp.Sig 0,043, ini
menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu, dari
hasil Asymp.Sig=0,05< =0,043 berarti menunjukkan ada pengaruh
yang signifikan terhadap penggunaan strategi self managementdalam
konseling kelompok terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:21
Last Modified: 23 Nov 2022 01:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item
View Item