The Use Of Scaffolding Technique To The Student’s Writing Achievements Of SMPN 59 Surabaya In The 2018-2019 School Year

Cahyani, Eva Dwi (2019) The Use Of Scaffolding Technique To The Student’s Writing Achievements Of SMPN 59 Surabaya In The 2018-2019 School Year. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (978kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (151kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (274kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik scaffolding terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 59 Surabaya. Menulis adalah tindakan yang efektif bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan mereka tapi butuh waktu karena menulisdapat dikatakan sebagai keterampilan bahasa yang paling sulit dari keempat keterampilan (berbicara, mendengar, membaca, dan menulis). Para siswa terkadang merasa bahwa menulis itu sulit dikuasai. Peneliti menggunakan scaffolding sebagai teknik pembelajaran dalam pengajaran menulis. Peneliti menggunakan penilitian kuantitatif. Peneliti menggunakan pre-test dan post-test untuk menganalisa data. Populasi adalah 303 siswa kelas VII di SMPN 59 Surabaya. Klafikasi acak digunakan untuk mengetahui percobaan dan kelas kontrol. Peneliti mentapkan VII-A adalah kelas eksperimen yang diajar menggunakan scaffolding sebagai teknik sedangkan VII-B adalah kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan demonstrasi sebagai teknik. Data diambil dari pre-test dan post-test dan digunakan t-test untuk menganalisa data. Peneliti menggunakan uji subyektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa t-pengamatan adalah 4,42dengan df = 68 dan t-tabel 1,99547 sesuai dengan standar signifikan 5% = 0,05. T-pengamatan lebih besar dari t-tabel, yaitu 4,42 > 1,99547. Jadi, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa scaffolding memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi menulis siswa kelas VII di SMPN 59 Surabaya.
Kata Kunci: Teknik scaffolding, Prestasi menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 30 May 2023 06:12
Last Modified: 30 May 2023 06:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item
View Item