ISMAWATI, NUR LAILY (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (702kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (102kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (223kB)
8. DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (297kB)
Abstract
Kata kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Statistika,
Langka Polya Pada saat pembelajaran, siswa masih banyak yang mengalami kesalahan saat menyelesiakan soal cerita karena siswa menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit dan membosankan. Banyak diketahui siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada saat mengubah kata-kata tertulis menjadi simbol-simbol matematika. penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika. karena itu, saat menyelesaikan soal cerita matematika perlu strategi mengerjakannya salah satu strategi yang digunakan dalam
menyelesaikan soal cerita yaitu berdasarkan langkah penyelesaian polya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika berdasarkan langka polya. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Peneliti melibatkan kelas XIIEF 2 SMA Antartika Sidoarjo yang berjumlah 18 siswa. Subjek penelitian diambil 2 siswa yang melakukan kesalahan terbanyak. Uji keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada semua langka polya. Dimana subjek AIR (S2) dan vi FAN (S7) mewakili siswa yang melakukan kesalahan pada 4 langka polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Faktor penyebab subjek melakukan kesalahan yaitu lupa, tidak terbiasa, bingung, tidak sempat dan kurang teliti saat melakukan perhitungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:54 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:54 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4273 |