Barida, Nada Haristiani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (843kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (307kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (316kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (409kB)
Abstract
Kata Kunci: Model Flipped Classroom, Brainstroming, Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika.
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya mengatasi kesulitan
siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu model pembelajaran flipped classroom tipe traditional flipped dengan menggunakan metode brainstorming. Dalam model pembelajaran dan metode ini, diharapkan siswa lebih aktif, kreatif dan dapat mengemabangkan ide-ide cara menyelesaikan
soal matematika dengan tepat dan sesuai dengan empat tahapan
pemecahan masalah menurut polya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Flipped
Classroom Tipe Traditional Flipped Dengan Menggunakan Metode
Brainstorming berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada materi Transformasi Geometri di kelas XI SMAN 1 Taman Sidoarjo?”. Tujuanya adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Traditional Flipped Dengan Menggunakan Metode Brainstorming berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada materi Transformasi Geometri di kelas XI SMAN 1 Taman Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Taman Sidoarjo. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling diperoleh sampelnya adalah kelas XI IPA 1 dan vi
XI IPA 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, serta uji-t. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Dengan analisis data menggunakan uji-t diperoleh = dengan taraf signifikan 0,05. Hal tersebut menunjukkan lebih besar dari nilai, maka kesimpulanya ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe traditional flipped tdengan menggunakan metode brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi transformasi geometri di kelas XI SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:43 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4276 |