ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI SPLDV

LESTARI, AYU PUTRI ENDANG (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI SPLDV. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (434kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (157kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (181kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (226kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah
Matematika Siswa SMP Pada Materi SPLDV. Kemampuan Berfikir kritis dalam pemecahan masalah matematika adalah suatu kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga diperoleh kesimpulan yang tepat dengan kemampuan yang dimiliki selama belajar matematika. Salah satu materi pembelajaran matematika yang menuntut kemampuan berfikir kritis siswa dalam
pemecahan masalah matematika yaitu materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis dalam pemecahan
masalah Matematika siswa SMP pada materi SPLDV dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan tahapan pemecahan masalah menurut Newman yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu membaca, memahami masalah,
transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir.
Penelitian ini menggunakan enam subjek dengan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah dari 24 siswa kelas VIII C
SMP Bahrul Ulum Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan
tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: dari 24 siswa diperoleh 2 orang siswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis “tinggi”, 2 orang siswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis “sedang” dan 2 siswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis “Rendah” atau belum mampu melaksanakan ke lima tahapan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:53
Last Modified: 10 Jul 2023 07:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4277

Actions (login required)

View Item
View Item