ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA ITP SURABAYA BERDASARKAN GENDER PADA MATERI EKSPONEN

REYHAN FADELA, RESYA (2023) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA ITP SURABAYA BERDASARKAN GENDER PADA MATERI EKSPONEN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (427kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Literasi matematika sangat berpengaruh pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Siswa dapat memiliki kemampuan literasi matematika dengan pembiasaan menyelesaikan soal berbasis masalah yang selaras dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu ada faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalh gender. Perbedaan fisiologi dan psikologis setiap gender mempengaruhi pemikiran dan tindakan yang dilakukan. Karena itulah diperlukan analisis untuk mengetahui literasi matematika siswa berdasarkan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa berdasarkan gender pada materi eksponen. Mendeskripsikan kemampuan literasi matematika menurut indikator yang telah dibuat berdasarkan gender siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen tes sebanyak 2 soal uraian untuk menganalisis literasi matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, subjek gender laki-laki dengan kategori sedang dan rendah hanya dapat memenuhi indikator ketiga dan subjek laki-laki dengan kategori tinggi mampu memenuhi keempat indikator Pada subjek perempuan menunjukkan keunikan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dan antara subjek perempuan lainnya dan subjek dengan kategori sedang dan kategori rendah hanya mampu memenuhi indikator ketiga sedangkan subjek dengan kategori tinggi mampu memenuhi indikator keempat. Pada subjek perempuan dengan kategori rendah mampu menyelesaikan masalah dengan cara visualisasi keadaan untuk memahami dan memecahkan permasalahan.
Kata kunci : Literasi Matematika, Gender, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Mrs. Resya Reyhan Fadela
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:31
Last Modified: 25 Jul 2024 04:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4558

Actions (login required)

View Item
View Item