TINGKAT KESADARAN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP PENTINGNYA SUSTAINABLE FASHION

Adelya, Shabrina Tsabyca (2023) TINGKAT KESADARAN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP PENTINGNYA SUSTAINABLE FASHION. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (JUDUL).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (JUDUL).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (105kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (218kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (288kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dasar dari munculnya trend sustainable fashion di
masyarakat Indonesia, mulai adanya dukungan terhadap brand local yang masuk
dalam klasifikasi brand sustainable seperti sejauh mata memandang, pijak bumi,
bahan baku (kain) yang di produksi secara ramah lingkungan dan menggunakan
bahan dasar yang di daur ulang seperti pable dan sebagainya, hal ini menimbulkan
pertanyaan apakah masyarakat Indonesia sudah memiliki tingkat kepedulian yang
tinggi terhadap sustainable fashion itu sendiri dan apakah mereka sudah mulai
berbelanja pakaian sustainable untuk mendukung industri fashion yang dikenal
sebagai industri yang sangat tidak ramah lingkungan, menjadi industri yang peduli
terhadap lingkungan dan mengutamakan keberlanjutan (sustainability).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan
dengan teknik kuisioner melalui google form. Responden dalam penelitian ini
sebanyak 65 orang yang memenuhi satu dari tiga kriteria yaitu berusia 17 hingga
35 tahun, suka berbelanja produk fashion terutama pakaian dan memiliki sosial
media. Berdasarkan hasil jawaban responden data tersebut di observasi dan ditarik
kesimpulannya untuk mendapatkan jawaban mengenai tingkat kesadaran
masyarakat Indonesia terhadap apa itu sustainable fashion.
Berdasarkan hasil Analisa data, ditemukan bahwa tingkat kesadaran
masyarakat terhadap munculnya sustainable fashion sudah cukup tinggi tetapi hal
ini belum di imbangi dengan pemahaman mengenai fast fashion dan mengapa
masyarakat sebagai konsumen harus mendorong perubahan industri fashion
menjadi sustainable, hal ini yang menyebabkan masih banyak masyarakat yang
tetap menjadi konsumen produk fast fashion, oleh karena itu edukasi dan kampanye
mengenai sustainable fashion harus dilakukan secara menyeluruh agar terjadi
perubahan dalam perilaku berbelanja masyarakat Indonesia (customer buying
behavior).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Shabrina Tsabyca Adelya
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:02
Last Modified: 02 Jul 2024 03:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item
View Item