ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP DENGAN MATERI POLA BILANGAN

NIKMAH, NAILUN (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP DENGAN MATERI POLA BILANGAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN (3).pdf] Text
HALAMAN DEPAN (3).pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN  (1).pdf] Text
9. LAMPIRAN (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada 2 tahun belakangan ini perkembangan ilmu pengetahuan didampingi dengan munculnya suatu wabah yaitu Coronavirus Disease of 2019. Pemerintah Indonesia terpaksa menetapkan bahwa kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring sehingga bermunculan beberapa kesulitan yang mengakibatkan kegiatan pembelajaran kurang maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkategori rendah, sedang, dan tinggi pada materi Pola Bilangan di kelas VIII-F SMP Negeri 48 Surabaya Tahun Pelajaran 2022-2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Tes, Metode Wawancara, dan Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Siswa berkemampuan komunikasi matematis tinggi mampu memunculkan semua indikator dengan baik. Siswa berkemampuan komunikasi matematis sedang mampu mencapai indikator kemampuan dalam menyatakan pemahamannya melalui gagasan matematika dan mampu mencapai indikator kemampuan dalam menyatakan pemahamannya melalui gambar matematika, namun kurang mampu mencapai indikator kemampuan dalam membuat model matematika melalui suatu permasalahan. Siswa berkemampuan komunikasi matematis rendah mampu mencapai indikator kemampuan dalam menyatakan pemahamannya melalui gagasan matematika, namun tidak mampu memenuhi indikator kemampuan dalam menyatakan pemahamannya melalui gambar matematika dan kurang mampu mencapai indikator kemampuan dalam membuat model matematika melalui suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Ms. Nailun Nikmah
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:01
Last Modified: 17 Jul 2024 05:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item
View Item