NIKMAH, NAILUN (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP DENGAN MATERI POLA BILANGAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN (3).pdf
Download (556kB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (281kB)
3. BAB I.pdf
Download (397kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (159kB)
9. LAMPIRAN (1).pdf
Download (2MB)
Abstract
Pada 2 tahun belakangan ini perkembangan ilmu pengetahuan didampingi dengan munculnya suatu wabah yaitu Coronavirus Disease of 2019. Pemerintah Indonesia terpaksa menetapkan bahwa kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring sehingga bermunculan beberapa kesulitan yang mengakibatkan kegiatan pembelajaran kurang maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkategori rendah, sedang, dan tinggi pada materi Pola Bilangan di kelas VIII-F SMP Negeri 48 Surabaya Tahun Pelajaran 2022-2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Tes, Metode Wawancara, dan Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Siswa berkemampuan komunikasi matematis tinggi mampu memunculkan semua indikator dengan baik. Siswa berkemampuan komunikasi matematis sedang mampu mencapai indikator kemampuan dalam menyatakan pemahamannya melalui gagasan matematika dan mampu mencapai indikator kemampuan dalam menyatakan pemahamannya melalui gambar matematika, namun kurang mampu mencapai indikator kemampuan dalam membuat model matematika melalui suatu permasalahan. Siswa berkemampuan komunikasi matematis rendah mampu mencapai indikator kemampuan dalam menyatakan pemahamannya melalui gagasan matematika, namun tidak mampu memenuhi indikator kemampuan dalam menyatakan pemahamannya melalui gambar matematika dan kurang mampu mencapai indikator kemampuan dalam membuat model matematika melalui suatu permasalahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Ms. Nailun Nikmah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 05:01 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 05:01 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4615 |