PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 TARIK SIDOARJO

PUSVITA DEWI, TANTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 TARIK SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1.HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf - Published Version

Download (654kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu masalah pada proses pembelajaran yang lebih cenderung berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang memiliki peran yang aktif selama pembelajaran serta kurangnya pemahaman konsep peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Hal ini akan mempengaruhi pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, perlu diupayakan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yakni model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian yang digunakan adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil rekomendasi guru matematika kelas VIII maka sampel yang diambil adalah kelas VIII-7 dan kelas VIII-8. Dimana kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share. Sedangkan kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Dari teknik pengumpulan data yang menggunakan metode tes dimana analisis datanya diuji dengan uji-t. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan pengujian kelas eksperimen (kelas VIII-7) diperoleh nilai rata-rata =51,25 dan simpangan baku =17,87411. Sedangkan kelas kontrol (kelas VIII-8) diperoleh nilai rata-rata =41,80646 dan simpangan baku =15,07630. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa t_hitung=2,26321 dan t_tabel=1,67022 maka disimpulkan bahwa t_hitung>t_tabel 2,26321>1,67022 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: TANTRI PUSVITA DEWI
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:50
Last Modified: 24 Jul 2024 04:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4638

Actions (login required)

View Item
View Item