PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA

NUFUS, MIHYATUN (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan model Problem Based Learning dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa karena model pembelajaran merupakan salah satu komponen yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini yang memunculkan rumusan masalah yaitu “Apakah ada pengaruh model Problem Based Learning dalam kemampuan pemecahan masalah materi statistika siswa kelas XII IIS-2 dan IIS-3 SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya Tahun ajaran 2022/2023?” dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning dalam kemampuan pemecahan masalah materi statistika kelas XII IIS-2 dan XII IIS-3 SMA ITP Surabaya Tahun ajaran 2022/2023. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode posttest-only control design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XII SMA ITP Surabaya dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang memperoleh dua kelas yaitu kelas XII IIS-2 dan XII IIS-3. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes posttest yang dianalisis menggunakan uji-t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data, diperoleh nilai t_hitung sebesar 6,3382 dan nilai t_tabel sebesar 2,00856 dengan taraf signifikan 0,05. Jika dibandingkan t_hitung = 6,3382 >t_tabel = 2,00856. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model Problem Based Learning dalam kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Ms. Mihyatun Nufus
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:18
Last Modified: 24 Jul 2024 08:18
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4824

Actions (login required)

View Item
View Item