Susanto, Rico (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD SWASTA SEKECAMATAN DUKUH PAKIS KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Susanto, R. 2020. Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh PJOK
Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Swasta SeKecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Dr. Luqmanul Hakim, S.Or.,M.Pd.
Kata kunci: implementasi, pembelajaran PJOK, COVID-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
pembelajaran jarak jauh PJOK pada masa pandemic COVID-19 di SD
Swasta Se-Kecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif
dengan menggunakan pendekatan one shot case study dengan satu kali
pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode survey dengan pengumpulan datanya menggunakan
kuisioner yang dilakukan secara online. Penelitian ini menggunakan
kuesioner melalui link google form yang dishare melalui whatsapp
dan kemudian dianalisis menggunakan microsoft excel dan SPSS 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru PJOK SD
Swasta se-Kecamatan Dukuh Pakis (100%) tetap memberikan
pembelajaran PJOK, 83,3% guru menggunakan metode
pembelajarnan daring, 66,7% pembelajaran sesuai dengan RPP namun
tidak runtut, 58% guru menggunakan media pembelajaran yang
bervariasi seperti zoom, ms teams, kombinasi whatsapp group dan
classroom serta schoology, 100% peserta didik antusias dalam
mengikuti pembelajaran, untuk memperjelas pembelajaran ada 83,3%
guru menggunakan tutorial melalui video atau power point, 50% guru
mengatakan dalam implementasinya hanya sebagian pembelajaran
yang sesuai dengan RPP, 100% penilaian peserta didik berdasarkan
pengumpulan tugas dan ujian, 58,3% guru mengatakan bahwa
penilaian pada pembelajaran jarak jauh tidak efektif, da 66,7%
vi
kendala dalam pembelajaran PJOK jarak jauh yaitu kesulitan dalam
mengakses internet.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diperoleh maka
dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PJOK pada
masa pandemic COVID-19 di SD Swasta Se-Kecamatan Dukuh Pakis
Kota Surabaya tetap dilaksanakan dengan menggunakan metode
pembelajarnan daring yang sesuai dengan RPP namun tidak runtut,
dan guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi seperti
zoom, ms teams, kombinasi whatsapp group dan classroom serta
schoology serta untuk memperjelas pembelajaran PJOK guru
menggunakan tutorial melalui video atau power point sehingga peserta
didik antusias dalam mengikuti pembelajaran, penilaian peserta didik
berdasarkan pengumpulan tugas dan ujian dan kendala yang
ditemukan adalah kesulitan dalam mengakses internet sehingga
penilaian pada pembelajaran jarak jauh berjalan tidak efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 08:48 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 07:42 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/493 |