ISHAQIYAH, ARINI (2023) ANALISIS KESULITAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf
Download (611kB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (88kB)
3. BAB I.pdf
Download (116kB)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (168kB)
5. LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika, siswa seringkali mengalami kesulitan belajar dalam mengerjakan soal matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Salah satu faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa saat menyelesaikan soal matematika antara lain kurang memahami konsep, kurangnya motivasi belajar siswa, dan adanya perbedaan gaya belajar antara siswa yang satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar pada siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa yang memiliki nilai terendah dari masing-masing gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada tahap reduksi data, informasi terkait kesulitan siswa dianalisis dengan memperhatikan indikator kesulitan menurut Cooney. Keabsahan data pada penelitian ini diuji menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip yaitu tidak tepat dalam membuat langkah-langkah penyelesaian secara sistematis dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal yaitu tidak tepat dalam memisalkan variabel dalam soal. Siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal yaitu tidak tepat dalam memisalkan variabel dalam soal dan tidak dapat menarik kesimpulan. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip yaitu tidak tepat dalam menggunakan sifat-sifat operasi hitung dan tidak dapat menyelesaikan perhitungan, serta mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal yaitu tidak tepat dalam memisalkan variabel dalam soal.
In carrying out the process of learning mathematics, students often experience learning difficulties in working on math problems on the Three Variable Linear Equation System (SPLTV) material. One of the factors that influence students' difficulties when solving math problems include lack of understanding of concepts, lack of student learning motivation, and differences in learning styles between one student and another. The purpose of this research is to describe the difficulties in solving math problems in terms of learning styles in SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. This research is a qualitative research with 6 students as the research subjects consisting of 2 students who have the lowest scores for each learning style. Data collection techniques used were questionnaires, tests, and interviews, then analyzed by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. At the data reduction stage, information related to student difficulties was analyzed by taking into account Cooney's difficulty indicators. The validity of the data in this study was tested using technical triangulation. Based on the results of the study, it can be concluded that students with a visual learning style have difficulties in applying principles, namely not being precise in making systematic solving steps and difficulties in solving verbal problems, namely not being precise in assuming the variables in the problem. Students with an auditory learning style have difficulty solving verbal problems, namely not being precise in assuming the variables in the problem and unable to draw conclusions. Students with a kinesthetic learning style experience difficulties in applying principles, namely not being precise in using the properties of arithmetic operations and unable to complete calculations, and having difficulties in solving verbal problems, namely not being precise in exemplifying the variables in the problem.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Ms. Arini Ishaqiyah |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:39 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:39 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5136 |