PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA D’SMART VENN PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP

Syahirah Akhmad, Nimas (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA D’SMART VENN PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsep himpunan menuntut siswa untuk berpikir secara abstrak. Namun sering kali siswa kurang mampu untuk mendeskripsikan himpunan secara konkret akibatnya siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep himpunan. Sehingga siswa memerlukan media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami secara luas tentang materi himpunan dan penggunaan diagram venn. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi himpunan yang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D menurut Thiagarajan (1974). Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Tahap disseminate tidak dilaksanakan pada penelitian ini dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa media pembelajaran D’Smart Venn memperoleh persentase kevalidan sebesar 84,36% yang termasuk dalam kriteria cukup valid. Hasil angket yang diperoleh pada saat pengambilan data menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika D’Smart Venn termasuk kategori praktis dengan persentase sebesar 86,3%. Pada saat uji coba terbatas diperoleh 20 siswa yang nilainya memenuhi KKM dan 18 siswa aktif saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan data tes hasil belajar dan keaktifan siswa, hasil keefektifan media pembelajaran D`Smart Venn memperoleh persentase 82,6% yang artinya efektif karena mencapai kriteria minimum yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Nimas Syahirah Akhmad
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:15
Last Modified: 17 Jul 2024 04:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item
View Item