PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1 KEDAMEAN GRESIK

ARROW, FRISCHA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1 KEDAMEAN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Arrow Frischa 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA NEGERI 1 KEDAMEAN GRESIK. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing Dr. Sunyoto Hadi Prayitno, S.T., M.Pd.
Kata kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Metode Pembelajaran Ceramah, dan Hasil Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu masalah yang terjadi di SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK pada proses pembelajaran matematika di kelas yaitu pada proses pembelajarannya cenderung menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional, ini dapat berdampak pada hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal dan berakibat pada rendahnya tingkat Motivasi belajar siswa, dikarenakan siswa belajar dalam satu arah menggunakan Metode Konvensional, sehingga sebagian siswa didapatkan ada yang pasif pada saat proses pembelajaran di dalam kelas. peneliti telah melakukan wawancara dengan siswa sebelum mengambil sampel, Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran baru yaitu menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran tipe Kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa di SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK, dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan metode desain posttest only control group desaign. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes dan dokumentasi.

Penelitian ini didapatkan nilai rata-rata dari kelas eksperimen 83,05, sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol 66,75. Hasil uji hipotesis dari kedua kelas tersebut diperoleh 0,000<0,005 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga Ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Matematika Siswa, dan terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa.

Arrow Frischa 2023. The Influence of the Jigsaw Learning Model Against Student Mathematics Learning Outcomes at SMA NEGERI 1 KEDAMEAN GRESIK. Mathematics Education Study Program. Faculty of Science and Technology. PGRI Adi Buana University Surabaya, Supervisor Dr. Sunyoto Hadi Prayitno, S.T., M.Pd.
Keywords: Jigsaw Learning Model, Lecture Learning Method, and Learning Outcomes.

This research is motivated by a problem that occurs at SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK in the process of learning mathematics in class, namely the learning process tends to use Conventional Learning Methods, this can have an impact on student learning outcomes to be less than optimal and result in low levels of student motivation, because students learn in one direction using the Conventional Method, so that some students are found to be passive during the learning process in the classroom. researchers have conducted interviews with students before taking samples, therefore researchers apply a new learning model, namely using the Jigsaw Learning Model so as to improve student learning outcomes.

This study aims to determine whether there is influence of the Jigsaw Cooperative type learning model on students' mathematics learning outcomes at SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK, by using quantitative research and the posttest only control group design method. The sampling technique in this study used a random sampling technique. Data collection techniques in this study are using test and documentation techniques.

In this study, the average value of the experimental class was 83,05, while the average value of the control class was 66.75. The results of the hypothesis testing for the two classes were 0.000 < 0.005, so H0 was rejected and H1 was accepted so that there was an influence of the Jigsaw Type Cooperative Learning Model on student mathematics learning outcomes, and there was an increase in student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:07
Last Modified: 17 Jul 2024 05:07
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5270

Actions (login required)

View Item
View Item