ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA LEVEL 5 DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Arum Setyaning Dilla, Sekar (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA LEVEL 5 DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Dilla, Sekar Arum Setyaning. 2023. Analisis Kemampuan Literasi
Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal PISA Level 5
Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing : Dra. Sri Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: Literasi Matematis, TKLM, PISA, Jenis Kelamin
Hasil penelitian PISA yang dirilis OECD pada tahun 2018,
untuk kategori matematika Indonesia berada di peringkat 7 dari bawah
atau peringkat 73 dengan skor rata-rata 379. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas XII
IPA 2 SMA Ta’miriyah Surabaya tahun ajaran 2022/2023 dalam
menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek siswa yang digunakan pada penelitian ini
adalah sebanyak 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas XII
IPA 2 SMA Ta’miriyah Surabaya. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Tes Kemampuan
Literasi Matematika (TKLM) dan wawancara yang dianalisis
menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
siswa laki-laki lebih baik dari pada siswa perempuan yang ditunjukkan
dengan siswa laki-laki dapat memenuhi 3 indikator literasi matematis
sedangkan siswa perempuan hanya memenuhi 1 indikator literasi
matematis.

ABSTRACT
Dilla, Sekar Arum Setyaning. 2023.Analysis of High School Students'
Mathematical Literacy Ability in Solving PISA Level 5 Problems
in View of Gender Differences. Essay,Mathematics Education
Study Program. Faculty of Science and Technology. PGRI Adi
Buana University, Surabaya.
Advisor : Dra. Sri Rahayu, M.Pd.
Keywords: Mathematical Literacy, TKLM, PISA, Gender
The results of the PISA research released by the OECD in
2018, for the category of mathematics, Indonesia is ranked 7th from
the bottom or ranked 73rd with an average score of 379. This study
aims to describe the mathematical literacy abilities of students in class
XII IPA 2 SMA Ta'miriyah Surabaya academic year 2022/2023 in
solving PISA questions. This research is a qualitative descriptive
study. The student subjects used in this study were 1 male student and
1 female student in class XII IPA 2 SMA Ta'miriyah Surabaya. The
data collection technique used in this research was using the
Mathematical Literacy Ability Test (TKLM) and the interviews were
analyzed using technical triangulation. The results showed that male
students were better than female students as indicated by male students
being able to fulfill 3 indicators of mathematical literacy while female
students only fulfilled 1 indicator of mathematical literacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Mrs. Sekar Arum Setyaning Dilla
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:07
Last Modified: 24 Jul 2024 08:07
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5292

Actions (login required)

View Item
View Item