MUBAROK, AFIFA AL LAILATIM (2023) FAKTOR KESULITAN BELAJAR PRINSIP DESAIN DALAM MATA KULIAH DASAR SENI DAN DESAIN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PVKK KONSENTRASI TATA BUSANA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Download (22kB)
BAB 1.pdf
Download (30kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (93kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Afifa Al Lailatim Mubarok, 2023, Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Prinsip Desain
Dalam Mata Kuliah Dasar Seni dan Desain Mahasiswa Program Studi S1 PVKK
Konsentrasi Tata Busana, Skripsi, Program Studi: Pendidikan Vokasional
Kesejahteraan Keluarga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen
Pembimbing : Agus Ridwan Mbh, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeksripsikan seberapa tinggi kesulitan
belajar prinsip desain dalam mata kuliah dasar seni dan desain yang dialami
mahasiswa tata busana 2) Mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal
yang mempengaruhi kesulitan belajar prinsip desain pada mahasiswa.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa tata busana angkatan 2019 yang berjumlah 28
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu analisis deskripstif, analisis regresi linier sederhana, dan
analisis Uji t.
Hasil penelitian diperoleh 1) Tingkat kesulitan belajar yang menghambat
mahasiswa tata busana angkatan 2019 dalam pemahaman dan penerapan prinsip
desain sebesar 56% dengan kategori sulit. 2) Faktor internal dan faktor eksternal
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan belajar sebesar 0,004 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa
terdapat pengaruh kesulitan belajar.
Dengan demikian, tingkat kesulitan belajar yang tinggi mendapatkan
pengaruh dari beberapa faktor. Hal ini menghambat mahasiswa dalam memahami
dan menerapkan prinsip-prinsip desain.
Kata kunci : faktor-faktor penyebab, kesulitan belajar, prinsip desain
ABSTRACT
Afifa Al Lailatim Mubarok, 2023, Factors of Learning Difficulties Design
Principles in Basic Art and Design Courses Students of the S1 PVKK Study
Program Concentration in Fashion, Thesis, Study Program: Family Welfare
Vocational Education PGRI Adi Buana University Surabaya, Supervisor: Agus
Ridwan Mbh, S.Pd., M.Pd
This study aims to 1) Describe how high the difficulty of learning design
principles in basic art and design courses experienced by fashion design students 2)
Know the influence of internal factors and external factors that affect the difficulty
of learning design principles in students.
The method used is a quantitative method. The population in this study is
28 students of fashion design class of 2019. The data collection technique used is a
questionnaire. The data analysis techniques used are descriptive analysis, simple
linear regression analysis, and t-test analysis.
The results of the study were obtained 1) The level of learning difficulty that
hinders fashion design students of class 2019 in understanding and applying design
principles by 56% with difficult categories. 2) Internal factors and external factors
have a significant influence on learning difficulties by 0.004 < 0.05 so that it can be
concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is an
influence of learning difficulties.
Thus, a high level of learning difficulty is influenced by several factors. This
hinders students from understanding and applying design principles.
Keywords : causative factors, learning difficulties, design principles
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mrs. Afifa Al Lailatim Mubarok |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 04:14 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 04:14 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5382 |