PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMANDIRIAN PEMILIHAN KARIER SISWA KELAS XI DI SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA

Putri, Dwi Ayu Aprilia (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMANDIRIAN PEMILIHAN KARIER SISWA KELAS XI DI SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (734kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (193kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (206kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (307kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Putri, Dwi Ayu Aprilia. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
dengan Teknik Diskusi Terhadap Kemandirian Pemilihan Karier
Siswa Kelas XI di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya.
Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya.Pembimbing: Aniek Wirastania., S.pd., Mpd.
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, teknik diskusi,kemandirian
pemilihan karier.
Penelitian ini dutujukan untuk menguji keefektifan penggunaan
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemandirian
pemilihan karier siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
instrumen skala pengukuran angket dengan desain rancangan one group
pre-test post-test design yang diberikan kepada 7 orang siswa kelas XI-IIS
1 SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Penelitian dilaksanakan
melalui empat tahapan sebagai berikut: pembuatan kisi-kisi angket, uji
angket pre-test, pelaksanaan layanan, dan uji post-test untuk melihat
keefektifan pemberian layanan. Hasilpenelitian menunjukkan 50% dari
siswa kelas XI-IIS 1 SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya
memiliki perilaku kurang mandiri dalam memilih karier. layanan
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif digunakan untuk
meningkatkan kemandirian siswa dalam memilih karier.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah
analisis non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon dengan taraf
signifikansi 0,05. Hasil analisis data diperoleh sebesar 0,18 ≤ 0,05. Maka
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemandirian pemilihan karier
siswa kelas XI-IIS 1 SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:23
Last Modified: 23 Nov 2022 07:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item
View Item