PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANGGUL UKEL TEKUK KELAS XI KC 3 SMKN 2 JOMBANG

AYU NABILA, JIHAN (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANGGUL UKEL TEKUK KELAS XI KC 3 SMKN 2 JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (220kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (577kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (257kB)
[thumbnail of Halaman depan baru.pdf] Text
Halaman depan baru.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of Lampiran baru.pdf] Text
Lampiran baru.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan hasil dari pembelajaran langsung dalam mata pelajaran sanggul ukel tekuk. 2) Mendeskripsikan hasil dari media audio visual dalam mata pelajaran Sanggul Ukel Tekuk. 3) Mendeskripsikan pengaruh antara Pembelajaran Langsung dan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Sanggul Ukel Tekuk. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah SMKN 2 Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji coba prasyarat analisis dan terakhir adalah pengujian hipotesis dengan uji t. Populasi sebanyak 31 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sehinga 31 siswa dijadikan sampel. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober hingga Desember 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hasil dari Pembelajarn langsung nilai siswa terdapat semakin hari semakin naik bisa dikatakan pembelajaran lnagusng sangat cocok untuk siswa yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran sanggul ukel tekuk. Dan sangat dianjurkan untuk guru melakukan kegiatan pembelajaran langsung di SMK/SMKN. 2) Hasil dari Media Audio Visual tidak ada pengaruh dalam pembelajaran Sanggul Ukel Tekuk. Hasil nilai yang didapat jauh lebih baik Pembelajaran Langsung. Guru bisa saja menggunakan Media Audio Visual ketika sedang ada kegiatan diluar atau pun tidak dapat hadir untuk melakukan pembelajaran langsung. 3) terdapat peningkatakn hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran langsung semakin meningkan dan semakin bagus. Berdasarkan temuan tersebut pengguaan pembelajaran langsung sangat di rekomendasikan untuk meningkatkan hasil Belajar Sanggul Ukel Tekuk di SMKN. Tidak ada pengaruh dalam pembelajaran langsung dan media audio visual hasil belajar sangggul ukel tekuk. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Ho di terima dan Hα ditolak apabila Sig (2-tailed) > α atau Sig (2-tailed) > 0,05). Artinya tidak ada perbedaan antara kelas yang diajarkan pembelajaran langsung dan media audio visual dan kelas yang tidak diajarkan media audio visual tetapi menggunakan pembelajaran langsung di kelas XI KC 3 SMKN 2 Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Jihan Ayu Nabila
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:02
Last Modified: 02 Jul 2024 08:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5557

Actions (login required)

View Item
View Item