LEVEL KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL SISWA SMA DENGAN GAYA BELAJAR AUDITORI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI

ISROLINA, WAGESTI (2023) LEVEL KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL SISWA SMA DENGAN GAYA BELAJAR AUDITORI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabay.

[thumbnail of ABSTRAK ISROLINA.pdf] Text
ABSTRAK ISROLINA.pdf - Published Version

Download (41kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA ISROLINA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA ISROLINA.pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of LAMPIRAN 1.pdf] Text
LAMPIRAN 1.pdf - Published Version

Download (553kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN REVISI.pdf] Text
HALAMAN DEPAN REVISI.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penalaran spasial sangat penting diperlukan dalam menyelesaikan suatu konsep geometri karena mempunyai objek kajian abstrak yang berkaitan dengan kebangun ruangan sehingga menuntut adanya proses penalaran spasial dalam menyelesaikan masalah geometri. Adapun tingkat atau level penalaran spasial terbagi atas level tinggi (Spatial) mampu menyelesaikan masalah dengan tepat, level sedang (Fuzzy) mampu menyelesaikan masalah dengan tepat namun kurang efisien dan level rendah (Plane) tidak mampu menyelesaikan masalah. Akan tetapi dalam mempresentasikan suatu ide atau gagasan dalam meyelesaikan permasalah geometri setiap orang memiliki gaya belajar berbeda-beda diantaranya gaya belajar visual, auditori dan kinestetik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan level kemampuan penalaran spasial siswa SMA dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah geometri, sehingga penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket gaya belajar, soal tes kemampuan penalaran spasial (TKPS) dan wawancara. Penelitian ini menggunakan 2 siswa auditori sebagai subjek yang memiliki kemampuan matematika cenderung sama dan mampu berkomunikasi dengan baik, sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang kemudian untuk uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek auditori mengimajinasikan gambar yang ada pada soal menyerupai bangunan yang batu batanya longsor seperti membentuk tangga keatas, piramida kubus dan menara kardus yang dilihat dari warna setiap kardusnya. Sehingga subjek mampu mengonversi ikon dua dimensi menjadi tiga dimensi. Subjek menjelaskan gambar menyerupai piramida kubus yang memiliki 4 bagian dengan susunan kubus disetiap bagiannya dan seperti menara kardus yang terdapat beberapa kardus didalam menara itu sebagai penompang kardus diatasnya seperti 4 tumpukkan kardus sesuai warna yang terdapat pada gambar,sehingga subjek mampu membuat hubungan yang benar antara ikon dua dimensi dengan objek tiga dimensi, dan subjek menyelesaikan soal dengan menjumlahkan 4 bagian kubus dari bagian 1 hingga bagian 4 yang berjumlah 20 kubus, serta menyelesaikan masalah geometri dengan tepat dan langkah-langkah menghitung bagian atau tumpukkan kubus dengan tepat sehingga mampu menyelesaikan soal dengan benar disetai penjelasan dengan tepat. dengan begitu penalaran spasial subjek auditori dalam meyelesaikan masalah geometri termasuk dalam katagori level penalaran spasial tingkat tinggi (Spatial).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Isrolina Wagesti
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:17
Last Modified: 11 Sep 2023 07:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item
View Item