PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA SMA

Febryana, Siska (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA SMA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran yang baik dapat menumbuh kembangkan
kemampuan siswa seperti hasil belajar yang baik. Project Based Learning (PjBL) adalah strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan dengan beberapa fase yang mengarahkan siswa untuk berkolaborasi dan mendorong siswa untuk memecahkan masalah dengan menciptakan produk akhir. Project Based Learning juga memfasilitasi siswa untuk berinvestigasi, memecahkan masalah, bersifat students centered, dan menghasilkan produk nyata berupa hasil belajar maupun hasil proyek. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika di SMA KARTIKA IV-3 Surabaya dalam menyelesaikan soal matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif analisis statistik dengan desain non-equivalent posttest-only control-group design. Pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah 26 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrument tes uraian sebanyak 6 butir soal yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis menggunakan bantuan software SPSS versi 26 diperoleh data Sig < α, yaitu 0,004 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan atau gambaran salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning (PjBL),
Statistika.

Good learning models can grow and develop students' abilities such as good learning results. Project based learning (PJBL) is a learning strategy that involves students in activities with several phases that direct students to collaborate and encourage students to solve problems by creating the final product. Project Based Learning also facilitates students to investigate, solve problems, is student centered, and produces real products in the form of project results. The purpose of this research is to determine the effect of project-based learning model on student learning outcomes in statistics material at SMA KARTIKA IV-3 Surabaya in solving math problems. The method used in this research is quantitative statistical analysis with a non-equivalent posttest-only control-group design. sampling is simple random sampling with a total of 26 students for the experimental class and 27 students for the control class. The data collection technique was obtained through a description test instrument as many as 6 questions which were then analyzed using the t-test. The results of hypothesis testing using the help of SPSS version 26 software obtained Sig < α, namely 0.004 < 0.05 so that H0 is rejected and H1 is accepted. This shows that there is an effect of the project-based learning model on student learning outcomes in statistics material. The results of this study are expected to provide insight or an overview of one of the learning models that can be applied so as to improve student learning outcomes.
Keywords: Learning Outcomes, Project Based Learning (PjBL),
Statistics.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Ms Siska Febryana
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:19
Last Modified: 17 Jul 2024 04:19
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item
View Item