EFENDI, DEWI YULIA (2023) ALIH KODE PADA TUTURAN GURU DAN MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI PKBM AL-HASYIMI II TAMAN SIDOHARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
Download (691kB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (173kB)
3. BAB I.pdf
Download (78kB)
4. Daftar pustaka.pdf
Download (81kB)
5. LAMPIRAN.pdf
Download (567kB)
Abstract
ABSTRAK
Efendi, Dewi Yulia. 2023. Alih Kode Pada Tuturan Guru Dan Murid Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di PKBM Al-Hasyimi II Taman Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Kata kunci: Alih Kode, Wujud Kode, Alih Kode Berwujud Alih Bahasa.
Penelitian ini membahas tentang alih kode dalam proses pembelajaran di kelas VIII PKBM Al-Hasyimi II Taman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan bentuk terjadinya alih kode pada tuturan guru dan murid dalam proses pembelajaran dan mendiskripsikan wujud alih kode pada tuturan guru dan murid dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII Taman Siodarjo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualititif. Data di ambil pada semester ganjil pada pada tahun ajaran 2022-2023 pada bulan September. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik rekam, teknik simak, dan teknik catat. Data kemudian diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan sosiolinguistik khususnya alih kode dari teori Suwito, Rahardi, Chaer dan Agustina.
Hasil analisis data peristiwa terjadinya alih kode dan wujud kode dalam proses pembelajaran di kelas VIII di PKBM Al-Hasyimi II Taman, yaitu bentuk terjadinya alih kode meliputi alih kode intern dan alih kode ekstern kemudian wujud kode yang meliputi bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, kode yang berwujud tingkat tutur meliputi tingkat tutur ngoko dan krama. Peneliti menemukan alih kode berwujud alih bahasa meliputi alih kode berwujud bahasa Indonesia ke bahasa Jawa dan alih kode berwujud alih bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Adapun maksud guru beralih kode dalam proses pembelajaran yaitu, meningkatkan kepahaman siswa dan memfokuskan siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan penelitian ini penggunaan alih kode pada tuturan guru dan murid dalam proses pembelajaran di kelas banyak sekali peralihan kode seperti penggunaan bahasa Indonesia ke bahasa Arab kemudian bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Bagi guru hendaknya memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia dalam setiap pembelajaran untuk melatih keterampilan berbahasa Indonesia para siswa. Bagi siswa hendaknya menerapkan penggunaan bahasa perlu ditingkatkan lagi khususnya penggunana berbahasa Indonesia.
ABSTRACT
Efendi, Dewi Yulia. 2023. Code Switching of Teacher and Student Speeches in the Process of Learning Indonesian Class VIII at PKBM Al-Hasyimi II Taman Sidoarjo. Thesis. Surabaya: Indonesian Language Education Study Program, Faculty of Social Sciences and Humanities, PGRI Adi Buana University Surabaya.
Keywords: Code Switching, Form of Code, Code Switching in Form of Language Interpretation.
This study discusses code switching in the learning process in class VIII PKBM Al-Hasyimi II Taman. The purpose of this study is to describe the form of code switching in teacher and student speech in the learning process and to describe the form of code switching in teacher and student speech in the Indonesian language learning process in class VIII Taman Siodarjo. This research is included in the qualitative descriptive research. Data was taken in the odd semester of the 2022-2023 school year in September. Collection techniques in this study used observation techniques, recording techniques, listening techniques, and note-taking techniques. The data were then identified and analyzed based on sociolinguistics, especially code switching from the theories of Suwito, Rahardi, Chaer and Agustina.
The results of data analysis of the occurrence of code switching and the form of code in the learning process in class VIII at PKBM Al- Hasyimi II Taman, namely the form of code switching includes internal code switching and external code switching then the form of code which includes Javanese and Indonesian, the code that Tangible speech level includes the speech level of ngoko and krama. The researcher found code switching in the form of language switching including code switching in the form of Indonesian to Javanese and code switching in the form of switching from Javanese to Indonesian. The teacher's intention is to switch codes in the learning process, namely, to increase student understanding and focus students in the learning process.
Based on this study, the use of code switching in the speech of teachers and students in the learning process in the classroom is a lot of code switching, such as the use of Indonesian to Arabic and then Indonesian to English. Teachers should pay attention to the use of Indonesian in every lesson to train students' Indonesian language skills. Students should apply the use of language needs to be improved again, especially the use of Indonesian language.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) S1 |
Depositing User: | DEWI YULIA EFENDI |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:51 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5995 |