ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

TJANDRA, HELLEN (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN FIKS (1) (1).pdf] Text
HALAMAN DEPAN FIKS (1) (1).pdf

Download (791kB)
[thumbnail of ABSTRAK (4).pdf] Text
ABSTRAK (4).pdf

Download (152kB)
[thumbnail of BAB I Hellen (1).pdf] Text
BAB I Hellen (1).pdf

Download (294kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (353kB)
[thumbnail of LAMPIRAN (1).pdf] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menyelesaikan soal cerita matematika tidak hanya memperhatikan jawaban akhir dari perhitungan, tetapi juga memperhatikan cara penyelesaianya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif, subjek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA SMPN 02 Jambesari Darus Dhollah Bondowoso, dari 15 siswa yang mengikuti tes uraian dipilih 3 siswa dengan nilai terendah, yang dijadikan subjek penelitian yang serta dilakukan wawancara untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa. Instrumen yang diguakan dalam penelitian ini, yaitu instrumen tes dan pedoman wawancara, teknik analisis yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil penelitian Hasil penelitian ini, diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Newman, yaitu : (1) kesalahan membaca soal, namun pada penelitian ini siswa tidak melakukan kesalahan membaca. (2) kesalahan memahami masalah, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir. Penyebab siswa melakukan kesalahn tersebut adalah, siswa lupa dan terburu-buru saat mengerjakan soal, siswa tidak teliti dalam menjawab soal, siswa tidak teliti dalam menghitung dan mengerjakan soal, dan siswa tidak terbiasa menulis kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Ms Hellen Jeyssa Tjandra
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:38
Last Modified: 24 Jul 2024 08:38
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item
View Item