Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas Origami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK PKK 1 Gintungan Lamongan

Sukarelawanto, Silvia Asria (2023) Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas Origami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK PKK 1 Gintungan Lamongan. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (868kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4. Daftar Pustaka.pdf] Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Skripsi Silvia Asria-87-118.pdf] Text
Skripsi Silvia Asria-87-118.pdf

Download (957kB)

Abstract

ABSTRAK
Sukarelawanto, Silvia Asria. 2023. Pengaruh
Kegiatan Melipat Kertas Origami Terhadap Kemampuan
Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PKK 1
Gintungan Lamongan. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Aisyah, S.Psi., M.Pd
Kata Kunci : Melipat Kertas Origami, Motorik Halus
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan
motorik halus yaitu melipat kertas origami pada anak usia
4-5 tahun yang masih rendah. Masih rendahnya
kemampuan anak dalam melipat kertas ini disebabkan
kurangnya pemanfaatan media dalam proses
pembelajaran. Guru sebatas menggunakan LKA (lembar
kerja anak) sehingga kurang menarik minat dan perhatian
anak terhadap materi yang diberikan oleh guru. Tujuan
yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh kegiatan melipat kertas origami terhadap
kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK PKK
1 Gintungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperiment dengan
menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek
penelitian adalah anak kelompok A di TK PKK 1
Gintungan dengan jumlah 21 anak. metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.
Menggunakan metode analisis statistic dengan rumusan
yang digunakan adalah Ttest yang sesuai dengan judul
penelitian yaitu Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas
Origami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia
4-5 Tahun di TK PKK 1 Gintungan Lamongan. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan
menggunakan program SPSS Windows ver. 22. Hasil
analisis data pada perbandingan pre-test dan post- test
menunjukkan uji t Sig (0,000) < 0,5 maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat kertas
origami terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5
tahun di TK PKK 1 Gintungan Lamongan.
ABSTRACT
Sukarelawanto, Silvia Asria. 2023. The Influence of
Origami Paper Folding Activities on Fine Motoric Skills
of Children Aged 4-5 Years Old in TK PKK 1 Gintungan
Lamongan. Teacher Education for Early Childhood
Education. University PGRI Adi Buana Surabaya.
Conselor is Aisyah, S.Psi., M.Pd.
Keywords : Origami paper folding, fine motoric skills This
research is motivated by the low motor
skills of folding origami paper in children aged 4-5 years.
The low ability of children to fold paper is due to the lack
of use of media in the learning process. The teacher is
limited to using LKA (children's worksheets) so that it
does not attract children's interest and attention to the
material provided by the teacher. The goal to be achieved
in this study was to determine the effect of folding origami
paper on the fine motor skills of children aged 4-5 years at
TK PKK 1 Gintungan Lamongan
This study uses a quantitative research approach
with the type of pre-experimental research using one group
pretest-posttest design. The research subjects were group
A children at TK PKK 1 Gintungan with a total of 21
children. data collection methods used are observationand
documentation. Using a statistical analysis method with
the formula used is the Ttest which is in accordance with
the research title, namely the Effect of Origami Paper
Folding Activity on the Fine Motoric Ability of Children
Aged 4-5 Years in TK PKK 1 Gintungan Lamongan.
The technique of analyzing the data was t-testusing
SPSS 22 program. The result of data on the comparasion
of pre-test and post-test showed t-test Sig (0.000) < 0,5 so
it can be concluded that there is an effect
of folding origami paper on fine motor asills of children
aged 4-5 years in TK PKK 1 Gintungan Lamongan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Mrs SILVIA ASRIA SUKARELAANTO
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:18
Last Modified: 03 Jul 2024 08:18
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6211

Actions (login required)

View Item
View Item