PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP ANGKA 1-10 UNTUK ANAK USIA 3-4 TAHUN KB MY CHILDREN SIDOARJO

LELY DWIJAYANTY, BATEWA (2023) PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP ANGKA 1-10 UNTUK ANAK USIA 3-4 TAHUN KB MY CHILDREN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN Lely (1).pdf] Text
HALAMAN DEPAN Lely (1).pdf

Download (964kB)

Abstract

Dari hasil penelitian awal di KB My Children-Sidoarjo, Jawa
Timur terlihat bahwa kemampuan anak untuk berhitung angka masih
sangat kurang berkembang secara optimal, hal ini terlihat masih
adanya anak-anak yang belum atau masih belum sepenuhnya mampu
mengenal angka-angka dan membedakannya, masih ada juga anak
yang masih sulit untuk mengenal angka pada kartu angka, anak kurang
pemahaman konsep-konsep angka.
Pembelajaran yang digunakan guru sangat kurang menarik,
agak anak tertarik dalam belajar menghitung angka sebaiknya guru
menggunakan media yang kreatif dan bervariasi untuk anak.
Dikerenakan kreatifitas dalam pembuatan media sangat penting dalam
pembelajaran, supaya anak mau berperan aktif secara berlangsung dan
anak tidak pasif didalam kelas. Kemampuan kognitif pada anak usia
3-4 tahun di KB MY CHILDREN untuk media kartu angka masih
kurang, terutama pada pengaruh media kartu angka terhadap
kemampuan konsep angka 1-10 pada anak usia 3-4 tahun. Pada
kenyatanya anak belum dapat mengenal angka, dikarenakan
perkembangan kognitif anak jarang di ajak untuk melakukan kegiatan
yang menuntuk anak untuk berfikir. Kartu angka sebagai media
pembelajaran dengan unsure permainan dapat memberikan
rangsangan pada anak-anak untuk lebih aktif dalam kegiatan proses
pembelajaran. Kartu angka mrupakan salah satu bahan cetak yang
masuk jadi media pendidik yang dapat memperjelas materi dalam
peningkatan anak didik, dalam menyampaikan materi pelajaran.
Metode Penelitian merupakan serangkaian kegiatan
sistematik yang diarahkan untuk menemukan jawaban dari suatu
pertanyaan yang belum diketahui jawabannya, sehingga ditemukan suatu kebenaran ilmiah. Rancangan penelitian mengatur sistematika
yang akan dilaksanakan dalam penelitian. Memasuki langkah ini
peneliti harus memahami berbagai metode dan Teknik penelitian.
Metode dan teknik penelitian disusun menjadi rancangan penelitian.
ditentukan oleh ketepatan rancangan penelitian. Penelitian ini
menggunakan design uji beda hasil pre test dan post test untuk satu
kelompok yang disebut one group pre and post test design.
Berdasarkan hasil data penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa kemampuan mengenal konsep angka-angka anak dapat
berkembang dengan menggunakan media kartu angka. Dari hasil
tersebu dapat diketahui bahwa ada pengaruh media kartu angka
terhadap kemampuan konsep angka 1-10 pada anak KB di KB MY
CHILDREN SIDOARJO , dimana anak-anak sudah berkembang
sesuai harapan dalam mengenal konsep angka tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Mrs Lely Dwijayanty Batewa
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:14
Last Modified: 03 Jul 2024 08:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6248

Actions (login required)

View Item
View Item