STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS II SDN GAYUNGAN II/423 SURABAYA MELALUI PEMBELAJARAN DARING

ANA, MEGA PUTRI (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS II SDN GAYUNGAN II/423 SURABAYA MELALUI PEMBELAJARAN DARING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (552kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (290kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (368kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran-Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran-Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya karakter disiplin pada
peserta didik di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi
guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa kelas II pada pembelajaran
daring SDN Gayungan II/423 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas II dan orang tua peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data kualitatif.
Keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber, teknik dan
waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan sekolah dalam
mengembangkan karakter disiplin siswa kelas II pada pembelajaran daring berupa
masuk ke zoom tepat waktu, berseragam putih saat pembelajaran PAI, berseragam
sesuai dengan ketentuan, menghafal Pancasila dan menyanyikan lagu nasional di
awal pelajaran pada zoom, mengingatkan peserta didik yang terlambat memasuki
zoom, mengingatkan peserta didik yang tidak menggunakan seragam pada saat
pembelajaran berlangsung, mengingatkan peserta didik agar selalu menerapkan
3M, memuji peserta didik yang berani menyampaikan pendapatnya, guru datang
lebih awal, guru melaksanakan piket, guru berpakaian rapi dan sesuai jadwal,
kurikulum 2013, pemasangan bilik desinfektan, pemasangan tempat cuci tangan,
poster-poster tentang cara pencegahan covid 19 dan pemasangan tempat
handsanitizer. Karakter disiplin peserta didik di SDN Gayungan II/423 Surabaya
sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:57
Last Modified: 11 Jan 2023 06:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item
View Item