Auliyah, Fenti Rizqi (2021) Pemanfaataan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ipa Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Siswa Kelas V A Sdn Menanggal 601 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (550kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (185kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (318kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar\
Berdasarkan hasil penemuan di SDN Menanggal 601
Surabaya saat melakukan observasi dan wawancara dengan guru
kelas V A Ibu Reni Kusumaningtyas, S.Pd. peneliti menemukan
permasalahan terkait dengan pembelajaran IPA masih dibawah
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah
yaitu 76. Nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran IPA di kelas V A
yaitu 55,83 dan dari 40 siswa hanya 13 siswa (32,5%) yang telah
mencapai KKM, sedangkan 27 siswa (67,5%) yang belum mencapai
KKM. Tujuan Penelitian ini untuk (1) Mengetahui pemanfaatan
media pembelajaran video animasi, (2) Mendeskripsikan aktivitas
peserta didik dalam pemanfaatan video animasi dapat meningkatkan
hasil belajar IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia pada siswa
kelas V A SDN Menanggal 601 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
dengan menggunakan media pembelajaran video animasi. Sumber
data penelitian ini adalah peserta didik kelas V A SDN Menanggal
601 Surabaya yang terdiri dari 40 peserta didik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi.
Selanjutnya teknik analisis data yang pertama menggunakan
kualitatif deskriptif untuk menjelaskan proses pemanfaatan media
pembelajaran video animatif. Teknik analisis data yang kedua
menggunakan kuantitatif deskriptif untuk menunjukkan hasil belajar
peserta didik. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa
pemanfaatan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar
siswa materi Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas V A SDN
Menanggal 601 Surabaya. Hal ini terlihat dari sebelum diberi
tindakan hanya 13 siswa atau 32,5% yang mencapai KKM. Setelah
diberi tindakan pada siklus II sebanyak 39 siswa atau 97,5%
yang mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 08:59 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 04:47 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/665 |