Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Keragaman Rumah Adat Siswa Kelas Iv Sd Hang Tuah 10 Juanda

Krismonika, Kirana (2021) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Keragaman Rumah Adat Siswa Kelas Iv Sd Hang Tuah 10 Juanda. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (503kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (186kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Media merupakan bentuk saluran penyampaian informasi
untuk merangsang pemikiran, membangkitkan perhatian, semangat,
serta kemauan agar siswa memperoleh informasi yang telah
disampaikan. Media audio visual, yakni yang digunakan dalam
kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan
penglihatan sekaligus dalam kegiatan pembelajaran agar mudah
menerima suatu pemahaman konsep. Pemahaman merupakan
kemampuan seseorang yang dapat ditunjukkan dengan
mengungkapkan kembali sesuatu informasi.
Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual
terhadap kemampuan pemahaman konsep keragaman rumah adat.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan
pendekatan saintifik dengan metode penelitian eksperimen (Quasi
Eksperimental Design) dengan bentuk Nonequivalent control Group
Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Hang Tuah
10 Juanda yang berjumlah 24 siswa kelas IV Csebagai kelompok
eksperimen dan 23 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Tes yang berupa
Pre-test dan post-test.
Berdasarkan hasil uji t menggunakan paired samples test
SPSS 23 for windows pada Pre-test dan post-test kelas eksperimen
yang menggunakan perlakuan media audio visual diperoleh nilai
sebesar 0,049sedangkan pada pre-test dan post-test kelas kontrol
yang diperoleh nilai sebesar 0,015. Maka dapat dikatakan bahwa kedua variabel tersebut memilki nilai sig.(2-tailed) < 0,05, yang
dapat di katakan H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian
dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio
visual terhadap kemampuan pemahaman konsep keragaman rumah
adat sisiwa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:20
Last Modified: 11 Jan 2023 03:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item
View Item