RAHMAH, CHINDY AULIA (2023) PENGARUH MEDIA BOARD GAME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN BUNGURASIH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN (1).pdf
Download (713kB)
2. ABSTRAK (2).pdf
Download (95kB)
3. BAB I (2).pdf
Download (189kB)
4. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Download (95kB)
5. LAMPIRAN (1).pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika pada
pembelajaran matematika masih kurang. Hal ini disebabkan
oleh beberapa faktor dan kesalahan yang dilakukan siswa
dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh media board game
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
pada materi skala.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan desain penelitian post-test only control group design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bungurasih
tahun ajaran 2022/2023. Melalui non probability sampling
dengan jenis sampel jenuh terpilih dua sampel yakni kelas Va
dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen da kelas Vb
dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian
ini diperoleh menggunakan metode tes. Instrument yang
digunakan adalah lembar tes. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji
hipotesis dengan uji-t. Dalam penelitian menggunakan
bantuan program SPSS ver. 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh media Board Game terhadap kemampuan
ii
pemecahan masalah matematika siswa kelas V pada materi
skala. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang awalnya tidak
dapat untuk memecahkan masalah sendiri dan meminta
bantuan kepada orang lain menjadi dapat untuk memecahkan
suatu masalah sendiri tanpa ada bantuan.
iii
ABSTRACT
Rahmah, Chindy Aulia. 2023. Pengaruh Media Board Game Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Kelas V SDN Bungurasih. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (2) Arif
Mahya Fanny S.H., M.Pd.
Keywords: Board Games, Problem Solving Ability, Mathematic
The ability to solve mathematical problems in
learning mathematics is still lacking. This is caused by several
factors and errors made by students in solving math problems.
This study aims to determine the effect of board game media
on students mathematical problem-solving abilities on the
material scale.
The type of research is an experimental research with
a post-test only control group design. The population of this
study were fifth grade students at Bungurasih Elementary
School for the 2022/2023 academic year. Through non�probability sampling with saturated sample types, two
samples were selected, namely class Va with a total 0f 20
student as the experimental class and class Vb with a total of
students 20 students as the control class. The research data was
obtained using the test method. The instrument used is a test
sheet. The data analysis technique used is homogeneity test.
Normality test, and hypothesis testing with t-test. In research
using SPSS ver. 25.
The results showed that there was an effect of board
game media on the mathematic problem-solving abilities of
iv
fifth grade students on the material scale. This can be seen
from students who initially were unable to solve problems on
their own and asked for help from anothers to be able to solve
a problem on their own without any help.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Ms. Chindy Aulia Rahmah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:59 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:59 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6808 |