PENGARUH TEKNIK INFORMASI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS IX MTs.HASANUDDIN SIDOARJO

Nurqoidah, Nita (2019) PENGARUH TEKNIK INFORMASI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS IX MTs.HASANUDDIN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (116kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (33kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (20kB)
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (312kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nurqoidah, Nita. 2019. Pengaruh Teknik Informasi DalamBimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Karier Siswa
Kelas IX MTs Hasanuddin Sidoarjo. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. H.
Sutijono, M.M.
Kata Kunci: Teknik Informasi , Bimbingan Kelompok, Perencanaan
Karier,. Perencanaan Karier siswa adalah perencanaan suatu keinginan
yang ingin dicapai dalam Karier atau jenjang yang lebih tinggi,
dimana individu mempunyai pandang untuk penunjang masa depan
yang lebih baik dan terarah. Didalam perencanaan Karier siswa ada
beberapa indicator meliputi mempelajari informasi Karier,
membicarakan Karier dengan orang dewasa, mengikuti kursus,
berpartisipasi dengan kegiatan ekstrakurikuler, mengetahui
persyaratan pendidikan untuk Karier yang diinginkan, serta mengatur
waktu luang secara efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut,
peneliti mencoba menerapkan teknik informasi dalam bimbingan
kelompok untuk meningkatkan perencanaan karier siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi
pengaruh Teknik Informasi Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap
Perencanaan Karier Siswa Kelas IX MTs Hasanuddin Sidoarjo. Jenis
penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan one group pre-test
post-test design. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah 6
siswa dari kelas IX yang memiliki rendah perencanaan karier. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan perencanaan karier siswa setelah diberikan teknik
informasi dalam bimbingan kelompok. Hasil perhitungan pre-test
dan post-test menunjukkan adanya peningkatan perencanaan karier
siswa dilihat dari hasil pre-test 48.6667dan hasil post-test meningkat
vi
sebesar 56.5000. Dari hasil uji Wilcoxon dengan Asymp. Sig (2-
tailed) sebesar 0.046, maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:58
Last Modified: 24 Nov 2022 03:28
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item
View Item