EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI REMAJA PANTI ASUHAN AR-RAHMAN AR-RAHIM DI SIDOARJO

Rahmawati, Anis (2024) EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI REMAJA PANTI ASUHAN AR-RAHMAN AR-RAHIM DI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Pgri Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4. Daftar pustaka.pdf] Text
4. Daftar pustaka.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 5. Lampiran.pdf] Text
5. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang muncul remaja Panti Asuhan Ar-Rahman Ar-Rahim, Sambiroto, Sidoarjo. Permasalahan yang muncul yaitu rendahnya resiliensi pada remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan pendekatan konseling individu untuk meningkatkan resiliensi pada remaja panti asuhan Ar-Rahman Ar-Rahim, dengan teknik self talk.
Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Ar-Rahman Ar-Rahim sidoarjo dibawah naungan Dinas Sosial Kota Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen, dengan menggunakan konseling individual melalui teknik self-talk. Subjek penelitian ini berjumlah lima remaja, memiliki ciri resiliensi rendah, dan berasal dari remaja awal dan remaja akhir. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan sesi konseling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala resiliensi untuk mendapatkan data kuantitatif, serta observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan T-test.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan resiliensi remaja ketika menghadapi suatu masalah, dari data pretest menghasilkan nilai skor rata-rata 60,67 dan dari data posttest menghasilkan nilai skor rata-rata 93,33. Dari hasil skor rata-rata pretest ke posttest mengalami peningkatan sebanyak 32,66. Hasil uji hipotesis diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah 0.001. Karena nilai sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 19 Dec 2024 05:08
Last Modified: 19 Dec 2024 05:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/7673

Actions (login required)

View Item
View Item