Eka Maulidyah, Findy (2024) Efektivitas Teknik Cinema Therapy Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana.
HALAMAN DEPAN (4).pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Download (77kB)
BAB I (1).pdf
Download (549kB)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Download (562kB)
LAMPIRAN (1).pdf
Download (1MB)
Abstract
Maulidyah, Findy Eka. 2024. Efektivitas Teknik Cinema Therapy Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing : Dr. Muwakhidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Teknik Cinema Therapy, Konseling Kelompok, Kepercayaan Diri
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan teknik Cinema Therapy dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design dengan metode pengumpulan data yang digunakan berupa skala pengukuran tentang kepercayaan diri siswa yang disusun dan dikembangkan sendiri, sehingga sampel yang digunakan berjumlah 6 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dari hasil pre-test yang sudah dilakukan dengan total 25 item pernyataan. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dengan tujuan untuk menganalisis hasil-hasil pengamatan dari dua data apakah mengalami perubahan atau peningkatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana hasil yang di dapatkan ditinjau dari perolehan hasil pre-test dan post-test. Hasil akhir nilai post-test yang diberikan kepada 6 siswa menunjukkan adanya peningkatan nilai kepercayaan diri. Hasil dari uji statistic dimana Asymp. Sig (2 tailed) bernilai 0,027 karena 0,027 kurang dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima, hal tersebut dapat dilihat dengan membandingkan skor signifikan 0,05. Pemberian treatment menggunakan teknik Cinema Therapy dengan konseling kelompok menunjukkan adanya hasil dari penelitian ini terdapat perubahan yang terjadi sehingga bisa disimpulkan bahwa teknik Cinema Therapy dengan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA.
Maulidyah, Findy Eka. 2024. Effectiveness of Cinema Therapy Techniques in Group Counseling to Increase Students’ Self-Confidence. Thesis. Guidance and Counseling Study Program. Faculty of Science Education. PGRI Adi Buana University Surabaya. Advisor : Dr. Muwakhidah, S.Pd., M.Pd.
Keywords : Cinema Therapy Techniques, Group Counseling, Self Confidence
The aim of this research is to determine the effectiveness of the Cinema Therapy technique in group counseling to increase the self-confidence of Hang Tuah 1 Surabaya High School students. This research used a one group pre-test post-test design with the data collection method used in the form of a measurement scale regarding students' self-confidence which was prepared and developed by themselves, so that the sample used was 6 students who had low self-confidence from the results of the pre-test. carried out with a total of 25 statement items. In this research, the data analysis technique used is the Wilcoxon test with the aim of analyzing the results of observations from two data whether they have changed or increased. This research is quantitative research where the results obtained are reviewed from the pre-test and post-test results. The final results of the post-test scores given to 6 students showed an increase in self-confidence scores. The results of statistical tests where Asymp. Sig (2 tailed) has a value of 0.027 because 0.027 is less than 0.05, it can be said that Ha is accepted, this can be seen by comparing the significant score of 0.05. Providing treatment using the Cinema Therapy technique with group counseling shows that the results of this research show that changes have occurred so that it can be concluded that the Cinema Therapy technique with group counseling is effective in increasing high school students' self-confidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Findy Eka Maulidyah |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 06:22 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 06:22 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/7768 |