EFEKTIVITAS STRATEGI SELF-MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA SMA HANG TUAH 1 SURABAYA

MIN, MARIA (2024) EFEKTIVITAS STRATEGI SELF-MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA SMA HANG TUAH 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi buana Surabaya.

[thumbnail of 205000040_MARIA MIN_HALAMAN UTAMA.pdf] Text
205000040_MARIA MIN_HALAMAN UTAMA.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of MARIA MIN_205000040_FILE SKRIPSI_ABSTRAK.pdf] Text
MARIA MIN_205000040_FILE SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of MARIA MIN_205000040_FILE SKRIPSI_BAB I.pdf] Text
MARIA MIN_205000040_FILE SKRIPSI_BAB I.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of MARIA MIN_205000040_FILE SKRIPSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
MARIA MIN_205000040_FILE SKRIPSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of MARIA MIN_205000040_FILE SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf] Text
MARIA MIN_205000040_FILE SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maria Min 2024. Efektivitas Strategi Self-Management Dalam Konseking Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri pada Siswa Kelas X SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Univeristas PGRI Adi Buana Surabaya. Ayong Lianawati.

Kata kunci : Teknik self-management, konseling kelompok, percaya diri

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi seseorang untuk dapat mengembangkan potensinya. Jika seseorang memiliki bekal percaya diri yang baik, maka individu tersebut akan dapat mengembangkan potensinya dengan mantap. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang memiliki percaya diri rendah, individu tersebut cenderung menutup diri, mudah frustasi ketika menghadapi kesulitan, canggung dalam menghadapi orang, dan sulit menerima realita dirinya. Memiliki percaya diri yang tinggi dalam diri siswa dapat membantu mencapai prestasi dan hasil belajar yang lebih baik lagi. Oleh karena itu perlu diberikan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan percaya diri pada siswa. Salah satunya dengan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi self-management dalam konseling kelompok untuk meningkatkan percaya diri pada siswa kelas X SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode one grup pre-test post-test design. Subjek penelitian berjumlah 6 konseli, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan uji wilcoxon dengan hasil 0,026, karena 0,026 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Maria Min 2024. Effectiveness of Self-Management Strategies in Group Counseling to Increase Self-Confidence in Class X Students of Hang Tuah 1 Surabaya High School. Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Pedagogy and Psychology, PGRI Adi Buana University Surabaya. Ayong Lianawati.

Keywords: Self-management technique, group counseling, self-confidence

Self-confidence is a very important aspect for a person to be able to develop their potential. If someone has good self-confidence, then that individual will be able to develop their potential steadily. However, in reality there are still many students who have low self-confidence, these individuals tend to close themselves, easily frustrated when facing difficulties, awkward in dealing with people, and find it difficult to accept their reality. Having high self-confidence in students can help achieve better achievement and learning outcomes. Therefore, it is necessary to provide group counseling services to increase self-confidence in students. One of them is with this research. This study aims to determine the effectiveness of self-management strategies in group counseling to increase self-confidence in class X SMA Hang Tuah 1 Surabaya high school students. This research is a quantitative research with one group pre-test post-test design method. The research subjects amounted to 6 counselees, using purposive sampling technique. The analysis of this study used the Wilcoxon test with a result of 0.026, because 0.026 ≤ 0.05, it can be concluded that group counseling with self-management techniques is effective for increasing the self-confidence of Hang Tuah 1 Surabaya high school students.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:05
Last Modified: 19 Dec 2024 06:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/9164

Actions (login required)

View Item
View Item