Damung, Helena Stolenvi (2021) PENGARUH METODE BERMAIN KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK PERMATA HATI BUDURAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (596kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (91kB)
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (244kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Damung, Helena S. 2021. Pengaruh Metode Bermain Kolase
Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B
di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Skripsi. Program
Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adibuana
Surabaya. Pembimbing : Isabella Hasiana, S.Psi.,M.Psi.
Kata Kunci : Kegiatan Kolase, Kemampuan Motorik Halus, Anak
Usia Dini.
Berdasarkan hasil observasi di TK Permata Hati Buduran
Sidoarjo Terhadap kemampuan motorik halus anak belum
berkembang sesuai harapan. Sehingga perlu dilakukan stimulasi dan
penerapan metode bermain yang bisa mengembangkan motorik
halusnya. Salah satu metode bermain yang bisa mengembangkam
motorik halus anak adalah dengan Media Kolase. Dengan bermain
kolase anak dapat menggerakkan jari-jemarinya untuk menempel,
menggunting, mengkoordinasikan gerakan mata dan tangannya.
Kolase juga melatih ketelitian dengan anak menempelkan satu
persatu bahan kolase pada gambar yang tersedia agar menjadi karya
seni yang indah dan rapi. Kolase merupakan aktivitas yang
menyenangkan sehingga dapat membangkitkan minat anak dalam
mengembangkan motorik halusnya dan dapat melenturkan tangan
khususnya jari-jemari anak.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode
Bermain Kolase Terhadap Kemampuan motorik halus anak
Kelompok B di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitaif
dengan menggunakan rancanagan One Group Pre-test-Posttest.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 21 anak
kelompok B. Analisis pengumpulan data menggunakan Lembar
penilaian observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data
menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukan nilai t hitung= 26,9737 lebih besar
dari nilai t tabel 1,72472 pada taraf signifikansi 0,05 dan 2,528 pada
taraf signifikasi 0,01, maka hipotesis Nol ditolak sehingga hipotesis
Kerja diterima. Hal ini terbukti hipotesis kerja sangat signifikansi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media bermain kolase
berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B
di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > NX Arts in general Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:16 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/921 |