Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI IPS 4 Di SMA Antartika Sidoarjo

Ramadhanti, Bunga Desining (2021) Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI IPS 4 Di SMA Antartika Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Awal.pdf] Text
1. Halaman Awal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (459kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (604kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.docx.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar dua orang atau lebih, secara tatap muka. Penyampaian pesan ini lewat kata-kata, gerak tubuh, dan ekspresi wajah. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bimbingan Kelompok Bermain Peran dapat Meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode rancangan penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan one group pre-test-post-test design. Dalam penelitian ini memiliki dua variabel yaitu terdiri dari variabel terikat atau variabel X (Komunikasi Interpersonal) dan juga variabel bebas atau variabel Y (Bimbingan kelompok Bermain Peran). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA. Sampel dalam penelitian ini yaitu 5 siswa yang memiliki skor komunikasi interpersonal terendah. Untuk penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon yang dibantu oleh SPSS for windows versi 24.0 Dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa Ha diterima. Artinya ada perbedaan antara komunikasi interpersonal siswa untuk pre-test dan post-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran dapat Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI IIS 4 di SMA Antartika Sidoarjo.
Kata kunci : komunikasi interpersonal, bimbingan kelompok
teknik bermain peran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:37
Last Modified: 09 Dec 2022 07:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item
View Item