Pengaruh Penerapan Teknik Seft (Spiritual Emotional Freedom Technique) Dalam Konseling Kelompok Untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Sunan Giri Menganti

Sukmawati, Pury Ayu Fitriya (2021) Pengaruh Penerapan Teknik Seft (Spiritual Emotional Freedom Technique) Dalam Konseling Kelompok Untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Sunan Giri Menganti. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (414kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (53kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (681kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (806kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik seft dalam menurunkan kejenuhan belajar pada siswa kelas VIII SMP, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian pra-eksperimen dengan menggunakan rancangan One Group Pre-Test Post-Test Design. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variabel X (Teknik SEFT dalam Konseling Kelompok) dan variabel Y (Kejenuhan Belajar). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan B SMP Sunan Giri Menganti yang berjumlah 63 siswa, sampel diambil menggunakan teknik purposing sampling dan didapat 4. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji Wilxocon dengan mengunakan bantuan SPSS for Windows versi 26.0. Berdasarkan hasil uji wilxocon dengan menggunakan SPSS versi 26.0 menunjukan bahwa hasil penelitian t-hitung yang diperoleh yaitu (0,05). Sedangkan hasil uji t-test diperoleh (0,046). Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan konseling kelompok teknik seft untuk mereduksi kejenuhan belajar siswa.
Kata Kunci: Teknik SEFT, Kejenuhan Belajar, Konseling Kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:43
Last Modified: 09 Dec 2022 07:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item
View Item