TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PERAK JOMBANG

ASIA LAKSONO, CARINA (2024) TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PERAK JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (440kB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor krusial dalam
menentukan keberhasilan akademik siswa. Latar
belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya
memahami motivasi belajar untuk mengidentifikasi
area yang memerlukan peningkatan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat
motivasi belajar di kalangan siswa SMP. Metodologi
yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan
melibatkan 87 siswa yang dipilih secara acak sebagai
sampel dari populasi SMP Negeri 2 Perak Jomhang.
Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur
berbagai indikator motivasi, termasuk ketekunan
menghadapi tugas, ketertarikan dalam pemecahan
masalah, dan preferensi bekerja mandiri. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa, yaitu
65,5%, berada pada tingkat motivasi sedang. Temuan
ini juga mengungkapkan bahwa kebosanan terhadap
tugas rutin dan kurangnya kegigihan dalam
menghadapi kesulitan merupakan faktor-faktor utama
yang mempengaruhi motivasi belajar. Kesimpulannya,
tingkat motivasi siswa belajar siswa di SMP berada
dalam kategori sedang dan membutuhkan pendekatan
yang lebih terarah dan strategis dalam upaya
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Motivasi, Motivasi Belajar, Pendidikan,
Indikator Motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Asia Carina Laksono
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:13
Last Modified: 19 Dec 2024 06:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/9370

Actions (login required)

View Item
View Item