Salamun, Salamun (2015) PENGARUH METODE INQUIRI DAN EKSPOSITORI SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KEDIRI DAN SMPN 7 KEDIRI. Masters thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
COVER.pdf - Published Version
Download (146kB)
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (110kB)
Lembar Penguji.pdf - Published Version
Download (125kB)
Abstrak Ind.pdf - Published Version
Download (262kB)
Abstrak Ing.pdf - Published Version
Download (269kB)
Keaslian Tulisan.pdf - Published Version
Download (87kB)
Abstract
Selama ini dunia pendidikan MIPA selalu menjadi pusat perhatian, terutama Matematika yang selalu dianggap pelajaran yang paling sulit bagi siswa. Pemilihan metode yang sesuai dan pemberian motivasi belajar dalam proses pembelajaran sangat diperlukan.
Adapun tujuan ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh metode Inquiri dan metode Ekpositori terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kediri dan SMPN 7 Kediri. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kediri dan SMPN 7 Kediri. 3) Untuk mengetahui interaksi antara metode inkuiri dan metode Ekpositori dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kediri dan SMPN 7 Kediri.
Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan dua jenis instrument yaitu: tes hasil belajar matematika dan angket motivasi belajar. Subyek penelitian yang penulis gunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 2 dan SMPN 7 Kediri semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 136 siswa.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Apa pengaruh metode inkuiri dan Ekspositori terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kediri dan SMPN 7 kediri. 2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 dan SMPN 7 Kediri. 3) Ada Interaksi penggunaan metode inkuiri dan metode Ekspositori dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika iswa kelas VIII SMPN 2 dan SMPN 7 Kediri.
Kata Kunci: Metode Inquiri, Ekspositori, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan (TeP) S2 |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 06:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 06:49 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/9493 |