Kholisah, Kholifatul Dwinur (2021) PENGARUH PLAY THERAPY DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOSIO EMOSIONAL SISWA SMP HANG TUAH 1 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (270kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (71kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (142kB)
Abstract
Kholisah, Dwinur, Kholifatul. 2021. Pengaruh Play Therapy dengan
Media Boneka Tangan dalam Bimbingan Kelompok terhadap
Sosio Emosional Siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di Masa
Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (1) Drs. H. Sutijono, M.M. Pembimbing (2)
Dimas Ardika, M, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Play Therapy, Boneka Tangan, Bimbingan Kelompok,
Sosio Emosional
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh play
therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok
terhadap sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di masa
pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif
dengan jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian PraEksperimen One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian
sebanyak 5 siswa yang memiliki sosio emosional yang rendah.
Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu Wilcoxon
Signed Ranks Test.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan rata-rata
skor sosio emosional siswa kelas VIII F SMP Hang Tuah 1 Surabaya
dari nilai mean pre-test 76,80 menjadi nilai mean post-test 96,60
artinya play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan
kelompok berpengaruh terhadap sosio emosional siswa (Asymp. Sig
= 0,043; Asymp. Sig = 0,043 < α = 0,05). Berdasarkan hasil
penelitian membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan
media boneka tangan dalam bimbingan kelompok ada pengaruh
terhadap meningkatkan sosio emosional siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 08:01 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 08:02 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1006 |