PENGARUH PLAY THERAPY DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOSIO EMOSIONAL SISWA SMP HANG TUAH 1 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Kholisah, Kholifatul Dwinur (2021) PENGARUH PLAY THERAPY DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOSIO EMOSIONAL SISWA SMP HANG TUAH 1 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (270kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (71kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (142kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kholisah, Dwinur, Kholifatul. 2021. Pengaruh Play Therapy dengan
Media Boneka Tangan dalam Bimbingan Kelompok terhadap
Sosio Emosional Siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di Masa
Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (1) Drs. H. Sutijono, M.M. Pembimbing (2)
Dimas Ardika, M, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Play Therapy, Boneka Tangan, Bimbingan Kelompok,
Sosio Emosional
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh play
therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok
terhadap sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di masa
pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif
dengan jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian PraEksperimen One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian
sebanyak 5 siswa yang memiliki sosio emosional yang rendah.
Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu Wilcoxon
Signed Ranks Test.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan rata-rata
skor sosio emosional siswa kelas VIII F SMP Hang Tuah 1 Surabaya
dari nilai mean pre-test 76,80 menjadi nilai mean post-test 96,60
artinya play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan
kelompok berpengaruh terhadap sosio emosional siswa (Asymp. Sig
= 0,043; Asymp. Sig = 0,043 < α = 0,05). Berdasarkan hasil
penelitian membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan
media boneka tangan dalam bimbingan kelompok ada pengaruh
terhadap meningkatkan sosio emosional siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:01
Last Modified: 07 Dec 2022 08:02
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item
View Item