PENGGUNAAN STRATEGI MODELING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMILIH KARIER KELAS XII TAV 2 SMK NEGERI 3 SURABAYA

Suprayogi, Deyan (2021) PENGGUNAAN STRATEGI MODELING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMILIH KARIER KELAS XII TAV 2 SMK NEGERI 3 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1.Halaman depan.pdf] Text
1.Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (519kB)
[thumbnail of 2.Abstrak.pdf] Text
2.Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (95kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 8.Dapus dan Lampiran.pdf] Text
8.Dapus dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Suprayogi, Deyan. 2020. “Penggunaan strategi modeling dalam
konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi
siswa dalam memilih karier kelas XII TAV 2 SMK
Negeri 3 Surabaya”. Skripsi. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
Dr. Hartono, M.Si.
Kata Kunci: konseling kelompok, strategi modeling, motivasi, karier
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan
strategi modeling dalam konseling kelompok untuk meningkatkan
motivasi dalam memilih karier siswa. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas XII TAV 2 SMK Negeri 3 Surabaya berjumlah 30 Siswa
dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 5 siswa dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian yaitu data
motivasi siswa dalam memilih karier dengan menggunakan metode
skala pengukuran yang dikembangkan oleh peneliti. Skala
pengukuran sebelum digunakan untuk mengumpulkan data
penelitian, terlebih dahulu dilakukan try-out untuk melakukan uji
validitas butir dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Uji validitas butir
skala pegukuran motivasi siswa dalam memilih karier nilai
signifikansinya antara 0,000-0,050, sedangkan uji reabilitas Alpha
Cronbach sebesar 0,636. Data pre-test dan post-test dianalisis
dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 20.0 dengan
teknik analisis uji t nonparametrik setelah dilakukan uji asumsi
normalitas sebaran dan uji homogenitas variansi. Jadi hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi strategi modeling
dalam konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan
motivasi siswa dalam memilih karier kelas XII TAV 2 SMK Negeri
3 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:12
Last Modified: 08 Dec 2022 02:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item
View Item