PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA ITP SURABAYA

ANINDYA, DINI ATIKA PUTRI (2021) PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA ITP SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (672kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (18kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (277kB)
[thumbnail of 8. DaftarPustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. DaftarPustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Putri, Atika, Dini. 2021. Penggunaan Teknik sosiodrama dalam
bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman
diri siswa kelas XII IPS 1 SMA ITP Surabaya. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Dr. Hartono, M.Si.
Kata kunci: Sosiodrama, bimbingan kelompok, pemahaman
diri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman diri
siswa di SMA ITP Surabaya yang masih kurang, rendahnya
pemahaman diri siswa dalam mengetahui tujuan setelah lulus
sekolah bingung mengambil jurusan apa, dan lebih
dikhawatirkan siswa masih cenderung terpengaruh teman
dalam memilih jurusan maupun perguruan tinggi, selain itu
bagi siswa yang tidak memiliki minat ke perguruan tinggi juga
belum diketahui melanjutkan karir atau tidak kedepannya. Hal
ini dikarekanan kurangnya pemahaman diri siswa dalam
mengetahui bakat dan minatnya, terlebih bagi siswa yang
kurang aktif dalam komunikasi dan berinteraksi sesama teman
sebayanya menjadi hambatan tersendiri dalam tumbuh
kembang kedepannya.
Tentu saja keadaan ini menjadi beban mental tersendiri
bagi para guru terutama guru BK saat itu mengutarakan
kecemasannya kepada peneliti akan keberhasilan peserta didik
dalam melanjutkan pendidikan dan mencapai karir sesuai
kemampuannya, sehingga guru memiliki kebanggaan
tersendiri melihat peserta didik meraih cita-cita dimasa depan
secara mandiri. Jadi tujuan yang ingin dicapai pada penelitian
ini untuk mengetahui penggunaan metode sosiodrama dalam
bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman diri
siswa kelas XII IPS 1 di SMA ITP Surabaya.
Menggunakan metode analisis statistik deskriptif dengan
rumusan yang digunakan adalah uji T nonparametrik.
Digunakan sebagai pre-test dan post-test one group desain
xvii
maka uji T non paraametrik menggunakan aplikasi SPSS versi
20. Berdasarkan hasil uji T nonparametrik menggunakan
aplikasi SPSS versi 20 menunjukan bahwa hasil penelitian
diketahui bahwa nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0.004 <
0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara
metode sosiodrama dalam bimbingan kelompok secara
signifikan dapat meningkatkan pemahaman diri siswa di kelas
XII IPS 1 SMA ITP Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:33
Last Modified: 08 Dec 2022 02:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item
View Item