Julaikah (2019) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. i - xiii.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (881kB)
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (220kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (154kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Julaikah. 2018. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Belajar
Matematika Siswa Madrasah Aliyah Sidoarjo Kelas X IPA.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Drs. Prayogo, M.Kom.
Kata kunci : Pendekatan Problem Posing, Berpikir Kreatif
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah
pengaruh pendekatan problem posing terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa dalam belajar matemtika siswa kelas X IPA Madrasah
Aliyah Negeri Sidoarjo.
Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, dengan
metode quasi eksperimental dengan desain yang berbentuk
nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa untuk kelas eksperimen, dan
37 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sampling, dengan kelas X IPA 1 sebagai kelas
eksperimen menggunakan pendekatan problem posing dan kelas X
IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung.
Pengambilan data menggunakan instrumen tes berpikir kreatif.
siswadengan menggunakan pedoman penskoran berpikir kreatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang diajarkan
menggunakan pendekatan problem posing lebih tinggi dari pada
kelas yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional, hal ini
dapat dibuktikan berdasarkan data hasil perhitungan perbedaan ratarata posttest kedua kelompok diperoleh nilai hitung sebesar 4,505,
sedangkan t tabel dengan signifikansi 5% adalah 1,999, dapat
dikatakan bahwa t hitung > t table. Maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh pendekatan problem posing terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa dalam belajar matematika kelas X IPA
Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 04:56 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 08:02 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1025 |