Fitriawati, Rega (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS VIII SMP PGRI 1 BUDURAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (776kB)
2 ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (110kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (96kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Fitriawati, Rega. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Kelas VIII SMP
PGRI 1 Buduran. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I: Drs.
Susilo Hadi, M.Pd., Pembimbing II: Rani Kurnia Putri, S.Si.,
M.Si.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori
Polya
Kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan
pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa tergolong rendah ini dibuktikan dari hasil survei
TIMSS dan PISA(Huda, 2017:v). Salah satu upaya meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah adalah faktor internal yaitu ditinjau
dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang
bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematika ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 1 Buduran
yang dipilih secara purposive sampling pada materi barisan dan deret
sejumlah dua siswa dari masing-masing gaya belajar siswa. Data
penelitian terdiri dari data angket, tes kemampuan pemecahan
masalah, dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik/metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek visual mampu
memahami masalah dengan baik dengan membayangkan soal
permasalahan dan merencanakan penyelesaian dengan baik meskipun
kurang teliti, tetapi subjek visual masih kesulitan dalam
menyelesaikan rencana permasalahan dan memeriksa kembali dengan
benar. (2) subjek auditorial mampu memahami masalah dengan
membaca berulang dan berirama, merencanakan penyelesaian dengan
baik, dan memeriksa kembali dengan benar tetapi kurang teliti dalam
menyelesaikan rencana penyelesaian. (3) subjek kinestetik belum
mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah,
menyelesaikan rencana dan memeriksa kembali hasil dengan benar
dan menggunakan isyarat tubuh saat menyelesaikan masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 05:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 08:16 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1031 |