PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 WRINGINANOM

Paramita, Juniar Widya (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 WRINGINANOM. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1.HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (555kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (211kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (85kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Paramita, Juniar Widya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN 1
Wringinanom. Program Studi Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Erlin Ladyawati,
S.Pd., M.Pd., (2) Ninik Mutianingsih, S.Pd., M.Si
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif,nht,prestasi belajar
Pada era pendidikan saat ini sebagian besar sekolah telah
menerapkan kurikulum K-13. Pada kurikulum ini siswa diharapkan
lebih aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar. Keberhasilan
kegiatan tersebut dapat terlihat dan diukur melalui evaluasi sebagai
prestasi belajar yang dicapai selama mengikuti proses belajar
mengajar. Namun, untuk mencapai prestasi belajar yang baik ada
faktor yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu model pembelajaran.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together
(NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1
Wringinanom”.
Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian
kuantitatif. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling di SMP Negeri 1 Wringinanom sehingga
diperoleh satu kelas yaitu kelas VIII-I. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode tes. Dan teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji-t.
Hasil yang diperoleh dari analisis data, uji-t menunjukan
hasil thitung sebesar -8,34403, pada penelitian ini taraf signifikan yang
digunakan adalah 0,05 sehingga diperoleh ttabel = 1,99897 > thitung -
8,33403 maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP
Negeri 1 Wringinanom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 05:31
Last Modified: 21 Nov 2022 08:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item
View Item