Oktaviana, Siti Aisyah (2020) PENGARUH FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PERSATUAN SEPANDE CANDI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (383kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (81kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (46kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (28kB)
Abstract
Siti Aisyah Oktaviana, NIM. 169000018, 2020 judul
“Pengaruh finger paintingterhadap kemampuan motorik halus
anak usia 4-5 tahun kelompok A. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing : Isabella Hasiana. S.Psi,M.Psi
Kata Kunci : Motorik Halus Finger PaintingAnak Usia
Dini
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya
penggunaan finger painting dalam pembelajaran di TK, hal
ini untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak
sangat dibutuhkan pembelajaran yang menarik seperti kegiatan
finger painting, karena dengan menggunakan kegiatan finger
painting dapat mengembangkan kemampuan motorik halus
anak dan anak dapat mengenal macam-macam warna dengan
bermain finger painting anak dapat belajar seraya bermain,
sehingga anak tidak merasa mudah bosan dan jenuh, anak-anak
di TK Dharma Wanita ini dalam kegiatan finger painting jarang
dilakukan oleh karena itu anak dalam melakukan finger
painting anak merasa jijik dan takut kotor.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah
pengaruh pengaruh finger painting terhadap kemampuan
motorik halus anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Dharma
Wanita Persatuan Sepande Candi Sidoarjo tahun pelajaran
2019/2020.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif menggunakan jenis Pre-EksperimentalDesign
dengan bentuk One Group Pre test-Post Test Design, Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak
kelompok A dengan berjumlah 25 anak yang terdiri dari 13
laki-laki dan 12 perempuan . Penelitian ini memiliki 3 tahapan
yaitu pretest, perlakuan (treatmen) dan post test, juga ada
teknik pengumpulan data, jenis teknik pengumpulan data yaitu
ada 2 : Observasi dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini pengumpulan data dilakukan
dengan observasi. Data yang di peroleh dianalisa uji t dengan
dibantu SPSS versi 20. Berdasarkan hal itu maka uji t Sig
(0,643>0,05) berarti nilai Ha ditolak. Dengan demikian,
disimpulkan bahwa, finger painting tidak ada pengaruh
terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A TK
Dharma Wanita Persatuan Sepande Candi Sidoarjo tahun
ajaran 2019/2020. Berdasarkan simpulan tersebut, maka
disarankan kepada peneliti lain mengenai finger painting dalam
meningkatkan kemampuan motorik halus lebih dikembangkan
dengan menggunakan media jenis yang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Admin Perpus ADI BUANA |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:38 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 03:51 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/109 |